Penyebab Situs WordPress Terkena Hack dan Cara Mencegahnya

Situs WordPress merupakan target yang sering disasar oleh para hacker, dan bagi para pemula, mungkin menimbulkan pertanyaan mengapa situs WordPress terkena hack. Terkena hack merupakan masalah yang cukup merepotkan dan berpotensi merugikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa penyebab utama mengapa situs WordPress bisa terkena hack dan bagaimana cara mencegahnya untuk melindungi situs Anda.

1. Popularitas WordPress:

Situs WordPress menjadi target utama karena popularitasnya sebagai website builder terbesar di dunia. Dengan digunakannya WordPress oleh lebih dari 31% website di internet, para hacker memiliki kemudahan untuk menemukan situs-situs yang kurang aman yang bisa dieksploitasi.

2. Motif Hacker:

Hacker memiliki berbagai motif, mulai dari pemula yang ingin belajar mengeksploitasi situs hingga para hacker yang memiliki niat jahat seperti menyebarkan virus, menyerang website lain, atau menyebarkan spam di internet.

Penyebab Utama dan Cara Mencegah Situs WordPress Terkena Hack:

a. Web Hosting yang Tidak Aman:

Beberapa perusahaan hosting tidak mengamankan platform hosting mereka dengan baik, sehingga membuat semua situs yang di-host di server rentan terhadap serangan hacker. Cara mencegahnya adalah dengan memilih penyedia hosting WordPress terbaik yang menawarkan platform hosting yang aman.

b. Penggunaan Kata Sandi yang Lemah:

Kata sandi merupakan kunci utama untuk mengakses situs WordPress. Penggunaan kata sandi yang lemah dapat memberikan akses mudah kepada hacker. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang unik dan kuat untuk setiap akun terkait dengan situs WordPress Anda.

c. Akses yang Tidak Terlindungi ke Admin WordPress (wp-admin directory):

     
 

Admin area WordPress adalah target utama serangan hacker. Anda dapat meningkatkan keamanan dengan menambahkan lapisan otentikasi ke admin directory WordPress Anda dan menggunakan kata sandi yang kuat.

Baca Juga   Rekomendasi Tema WordPress Terbaik Untuk Penulis

d. File Permission yang Tidak Tepat:

File permission yang tidak tepat dapat memberikan akses kepada hacker untuk menulis dan mengubah file dalam situs WordPress Anda. Pastikan semua file memiliki nilai permission yang sesuai.

e. Tidak Mengupdate WordPress, Plugin, atau Tema:

Setiap versi baru WordPress, plugin, atau tema mengatasi bugs dan kerentanan keamanan. Jangan takut untuk mengupdate, dan pastikan untuk selalu menjaga WordPress, plugin, dan tema Anda tetap up-to-date.

f. Penggunaan FTP bukan SFTP/SSH:

Menggunakan plain FTP untuk terhubung ke situs dapat meninggalkan kata sandi terbuka untuk disadap. Gunakan SFTP atau SSH untuk koneksi yang lebih aman.

g. Penggunaan “admin” sebagai Username WordPress:

Menggunakan “admin” sebagai username WordPress tidak dianjurkan karena dapat memudahkan hacker untuk mengakses situs Anda. Gantilah username admin dengan yang lain.

h. Mengunduh Tema dan Plugin dari Sumber yang Tidak Terpercaya:

Mendownload tema dan plugin dari sumber yang tidak terpercaya dapat membahayakan keamanan situs Anda. Selalu unduh plugin dan tema dari sumber resmi WordPress atau dari pengembang terpercaya.

i. Tidak Mengamankan Konfigurasi wp-config.php:

File konfigurasi wp-config.php mengandung informasi sensitif yang dapat memberikan akses penuh kepada hacker. Pastikan untuk mengamankannya dengan menolak akses ke file tersebut menggunakan .htaccess.

Dengan memperhatikan dan mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan di atas, Anda dapat mengurangi risiko situs WordPress Anda terkena hack dan menjaga keamanannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memahami penyebab dan cara mencegah situs WordPress terkena hack.

You might be interested in …