Rekomendasi Plugin Terjemahan WordPress Untuk Website Multi Bahasa

Translate

Pengantar

WordPress telah menjadi platform pilihan bagi jutaan situs web di seluruh dunia. Namun, meskipun fleksibel, WordPress secara bawaan tidak mendukung pembuatan situs web multi bahasa. Untungnya, ada sejumlah plugin terjemahan WordPress yang memungkinkan Anda dengan mudah menambahkan konten multi bahasa ke situs Anda.

Memilih Plugin Terjemahan untuk Situs Web Multi Bahasa di WordPress

Bagi banyak pengguna baru, mungkin tidak diketahui bahwa WordPress memungkinkan instalasi dalam bahasa yang diinginkan dan penggunaannya untuk membuat situs web dalam berbagai bahasa.

Dengan bantuan plugin, Anda dapat membuat situs web dwibahasa atau multi bahasa. Beberapa bahkan memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan konten menggunakan layanan terjemahan Google.

Meskipun ada banyak plugin terjemahan yang tersedia untuk WordPress, umumnya ada dua kategori utama:

  1. Plugin Multi Bahasa WordPress
  2. Plugin Terjemahan Otomatis WordPress

Plugin multi bahasa membantu Anda secara manual menambahkan konten multi bahasa ke dalam situs web Anda. Keuntungan utama dari plugin ini adalah kualitas terjemahan yang lebih baik daripada alat terjemahan online oleh mesin.

Di sisi lain, plugin terjemahan otomatis WordPress menggunakan layanan terjemahan online untuk menerjemahkan konten. Mereka tidak mengharuskan Anda menulis konten dalam berbagai bahasa, tetapi kualitas terjemahan bisa menjadi kurang memuaskan.

Sekarang, mari kita bahas lebih lanjut tentang plugin terjemahan multi bahasa WordPress.

Plugin Multi Bahasa WordPress Terbaik

Tidak seperti plugin terjemahan otomatis WordPress, plugin multi bahasa membantu Anda secara manual menerjemahkan setiap aspek situs web, termasuk konten, tema, plugin, dan lainnya.

Berikut beberapa plugin multi bahasa WordPress terbaik yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempermudah proses penerjemahan konten situs web Anda:

1. TranslatePress

TranslatePress adalah plugin multi bahasa WordPress yang memungkinkan Anda menerjemahkan setiap aspek situs web Anda. Fitur utama dari TranslatePress adalah kemampuannya untuk menerjemahkan langsung dari halaman situs web.

Baca Juga   Daftar Plugin Email Marketing Terbaik untuk WordPress

Anda dapat dengan mudah beralih antara bahasa selama proses penerjemahan, dan pratinjau langsung akan menampilkan perubahan dengan cepat. Pendekatan ini memungkinkan Anda untuk menerjemahkan konten, tema, plugin, dan bahkan meta-data tanpa perlu mengubah antarmuka.

TranslatePress sangat cocok untuk penerjemahan manual. Anda dapat menerjemahkan sendiri atau mengizinkan pengguna lain menerjemahkan konten tanpa harus mengakses area admin.

Jika proses penerjemahan manual terasa merepotkan, Anda juga dapat menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan konten secara otomatis, dengan opsi koreksi manual.

Plugin ini juga menciptakan URL yang ramah SEO untuk setiap bahasa, membantu meningkatkan SEO situs web Anda.

2. WPML

WPML adalah salah satu plugin multi bahasa WordPress yang paling populer. Plugin ini dilengkapi dengan sistem manajemen terjemahan yang kuat, memungkinkan Anda menerjemahkan konten, tema, plugin, dan banyak lagi.

WPML tersedia dalam berbagai paket lisensi, termasuk Multilingual blog dan Multilingual CMS. Untuk fitur tambahan seperti dukungan ecommerce dan pengaturan tim terjemahan, Anda membutuhkan lisensi CMS multibahasa.

Plugin ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk menambahkan terjemahan dan mengatur konten multi bahasa di situs web Anda. WPML mendukung semua jenis postingan, taksonomi, dan bidang kustom.

Selain itu, WPML membantu Anda menghubungkan situs web Anda dengan penyedia layanan terjemahan pihak ketiga, memungkinkan Anda memilih konten mana yang perlu diterjemahkan dan mengirimkannya langsung ke situs web Anda.

     
 

3. Polylang

Polylang adalah plugin lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web WordPress multi bahasa atau dwibahasa. Plugin ini menawarkan antarmuka sederhana untuk menambahkan terjemahan ke postingan, halaman, widget, dan banyak lagi.

Baca Juga   Download Plugin Yoast SEO Premium Gratis

Namun, Polylang tidak menyediakan dukungan untuk menerjemahkan tema dan plugin WordPress. Plugin ini juga tidak termasuk dukungan untuk ecommerce, meskipun Anda dapat membeli addon berbayar untuk fitur tersebut.

Polylang membantu Anda mengatur URL yang ramah SEO untuk setiap bahasa, dan bekerja dengan baik dengan plugin SEO WordPress yang populer. Anda juga dapat menambahkan pengalihan bahasa ke situs web menggunakan widget di sidebar.

4. Weglot

Weglot adalah platform terjemahan situs web berbasis cloud yang dapat digunakan tidak hanya untuk WordPress, tetapi juga untuk platform seperti Shopify, BigCommerce, dan lainnya.

Selama pengaturan, Anda perlu memasukkan API Weglot untuk menghubungkan situs web WordPress Anda ke platform mereka. Setelah itu, Anda dapat memilih bahasa yang diinginkan, bahasa situs, dan bahasa tambahan yang ingin Anda tambahkan.

Anda dapat menggunakan antarmuka Weglot untuk menerjemahkan semua konten, mengatur terjemahan, dan membuatnya langsung tersedia di situs web Anda.

Fitur lainnya termasuk URL yang ramah SEO, dukungan WooCommerce, tombol pengalihan bahasa, layanan terjemahan pihak ketiga, dan banyak lagi.

5. MultilingualPress

MultilingualPress memiliki pendekatan yang sedikit berbeda dalam pembuatan situs web multi bahasa di WordPress. Alih-alih menjalankan instalasi WordPress biasa, plugin ini menggunakan jaringan WordPress multi situs bawaan untuk setiap bahasa.

Ini memungkinkan plugin untuk secara efisien mengelola konten untuk setiap bahasa, sambil meningkatkan kinerja dengan memuat satu bahasa per halaman. MultilingualPress menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk mengatur terjemahan dari satu dasbor.

Plugin ini mendukung postingan, halaman, taksonomi, dan banyak lagi. Setiap bahasa dapat ditempatkan di subdomain, direktori, atau bahkan nama domain kustom.

Jika Anda mencari plugin multi bahasa WordPress untuk menerjemahkan konten situs web secara manual, TranslatePress dapat menjadi pilihan yang baik. Dengan

Baca Juga   Penyebab Situs WordPress Terkena Hack dan Cara Mencegahnya

fitur-fitur intuitifnya yang ramah pengguna, bahkan pemula sekalipun dapat dengan mudah menggunakannya tanpa pengalaman sebelumnya dalam membuat situs web multi bahasa. Selain itu, TranslatePress juga menawarkan fitur optimasi SEO yang akan membantu meningkatkan kinerja SEO situs web Anda dalam jangka panjang.

Perlukah Mesin Pencari Mengindeks Terjemahan dari Mesin Otomatis?

Beberapa plugin terjemahan memungkinkan Anda untuk membuat terjemahan otomatis yang kemudian diindeks oleh mesin pencari.

Mesin terjemahan otomatis biasanya tidak memberikan hasil yang optimal. Terjemahannya sering terdengar kaku dan kurang tepat, bahkan bisa menyesatkan. Mengizinkan mesin pencari untuk mengindeks konten yang diterjemahkan secara otomatis bisa berisiko, karena Google dapat mengidentifikasi konten semacam itu sebagai spam yang dapat merugikan peringkat pencarian situs web Anda.

Namun, jika Anda menggunakan terjemahan manual, tidak ada masalah dengan membiarkan Google mengindeks versi terjemahan Anda. Ini bahkan dapat membantu meningkatkan peringkat SEO lokal situs web Anda.

Kesimpulan

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan plugin terjemahan WordPress terbaik untuk membuat situs web multi bahasa Anda. Setiap plugin memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sebelum memilih plugin yang tepat.

Dengan menggunakan plugin terjemahan yang sesuai, Anda dapat membuat situs web yang lebih dapat diakses oleh audiens internasional, meningkatkan keterlibatan pengguna, dan meningkatkan kinerja SEO situs web Anda. Jadi, pilihlah dengan bijaksana sesuai dengan kebutuhan situs web Anda.

You might be interested in …