Meningkatkan Kecepatan dan Performa WordPress

Mengapa Kecepatan Penting untuk Situs WordPress?

Penelitian menunjukkan bahwa dari tahun 2000 hingga 2016, rata-rata rentang perhatian manusia menurun dari 12 detik menjadi 7 detik.

Artinya bagi pemilik website adalah memiliki waktu yang sangat terbatas untuk menarik perhatian pengguna dan membuat mereka tetap berada di situs Anda.

Website yang lambat berpotensi membuat pengguna meninggalkan situs sebelum halaman selesai dimuat.

Menurut studi kasus yang melibatkan Amazon, Google, dan situs besar lainnya, penundaan 1 detik pada waktu loading halaman dapat mengakibatkan 7% kehilangan konversi, 11% lebih sedikit tampilan halaman, dan 16% penurunan kepuasan pelanggan.

Selain itu, Google dan mesin pencari lainnya memberikan penalti kepada situs yang lambat dengan menempatkannya di peringkat bawah hasil pencarian, yang berarti lalu lintas yang lebih rendah untuk situs tersebut.

Intinya, untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas, pelanggan, dan pendapatan dari situs Anda, Anda harus memastikan situs Anda cepat.

Cara Mengecek Kecepatan Website WordPress

Seringkali pemula merasa situs mereka baik-baik saja karena tidak merasakan lambat pada komputer mereka. Ini adalah kesalahan besar.

Karena Anda sering mengunjungi situs Anda sendiri, browser modern seperti Chrome menyimpan situs di cache dan secara otomatis melakukan prefetch segera setelah Anda mulai mengetik alamat. Ini membuat situs dimuat dengan cepat.

Namun, pengguna normal yang mengunjungi situs untuk pertama kali mungkin tidak memiliki pengalaman yang sama.

Faktanya, pengguna di lokasi yang berbeda akan mengalami pengalaman yang sangat berbeda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menguji kecepatan situs menggunakan alat seperti tes kecepatan WordPress IsItWP.

Setelah Anda menjalankan tes kecepatan situs, Anda mungkin ingin mengetahui berapa kecepatan yang baik untuk situs Anda?

Baca Juga   Tema Medis dan Kesehatan Terbaik di WordPress Yang Bisa Anda Coba

Waktu loading halaman yang baik adalah di bawah 2 detik. Tetapi jika bisa lebih cepat, itu akan lebih baik.

Apa yang Memperlambat Website WordPress Anda?

Laporan tes kecepatan Anda kemungkinan memiliki beberapa rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan. Namun, kebanyakan adalah teknis dan sulit dipahami oleh pemula.

Mengetahui apa yang memperlambat website adalah kunci untuk meningkatkan performa dan membuat keputusan yang lebih tepat untuk jangka panjang.

Penyebab utama website WordPress yang lambat antara lain:

     
 
  • Web Hosting: Ketika server web hosting tidak dikonfigurasi dengan baik, ini dapat memengaruhi kecepatan website.
  • Konfigurasi WordPress: Jika situs WordPress Anda tidak memanfaatkan cache halaman, server dapat kelebihan beban dan menyebabkan situs menjadi lambat atau bahkan crash.
  • Plugin Buruk: Penggunaan plugin yang tidak dioptimalkan dapat secara signifikan memperlambat situs.
  • Skrip Eksternal: Skrip eksternal seperti iklan dan pemuatan font dapat memiliki dampak besar pada kinerja situs Anda.

Sekarang Anda mengetahui apa yang memperlambat situs WordPress Anda, mari kita lihat cara meningkatkan kecepatan situs WordPress Anda.

Pentingnya Hosting WordPress yang Baik

Layanan hosting WordPress Anda memainkan peran penting dalam performa situs. Penyedia hosting bersama yang baik akan mengambil langkah tambahan untuk mengoptimalkan performa situs Anda.

Namun, dalam hosting bersama, Anda berbagi sumber daya server dengan banyak pelanggan lain. Ini berarti jika situs tetangga mendapatkan banyak lalu lintas, itu dapat memengaruhi kinerja server secara keseluruhan dan pada akhirnya memperlambat situs Anda.

Di sisi lain, menggunakan layanan hosting WordPress yang dikelola memberi Anda konfigurasi server yang sangat dioptimalkan untuk menjalankan WordPress. Penyedia hosting WordPress yang dikelola juga menawarkan pencadangan otomatis, pembaruan WordPress otomatis, dan konfigurasi keamanan lainnya untuk melindungi situs Anda.

Baca Juga   Tutorial Cara Membuat Landing Page di WordPress

Meningkatkan Kecepatan WordPress dengan Langkah Mudah (Tanpa Koding)

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Menginstal Plugin Caching WordPress: Halaman WordPress bersifat dinamis. Untuk membangun halaman, WordPress harus menjalankan proses untuk menemukan informasi yang diperlukan, menyatukannya, dan menampilkannya untuk pengguna Anda. Proses ini melibatkan banyak langkah dan dapat memperlambat situs ketika ada banyak pengunjung yang mengaksesnya secara bersamaan. Caching dapat membuat situs WordPress 2 hingga 5 kali lebih cepat dengan menyajikan versi cache dari halaman setelah pertama kali dimuat.

Optimalkan Gambar untuk Kecepatan Situs: Gambar adalah bagian penting dari konten dan dapat meningkatkan keterlibatan pengguna. Namun, gambar yang tidak dioptimalkan dapat memperlambat situs Anda. Sebelum mengunggah gambar ke situs Anda, pastikan untuk mengeditnya untuk mengoptimalkan ukuran dan formatnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mengompres gambar dan memilih format file yang tepat, seperti JPEG untuk gambar dengan banyak warna dan PNG untuk gambar sederhana atau transparan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan kecepatan dan performa situs WordPress Anda tanpa harus menguasai koding.

You might be interested in …