Hal Menarik Yang Bisa Anda Lakukan di WordPress Selain Untuk Nge-blog

Selama sekian lama, WordPress telah terbukti sebagai platform blogging dan content managing system yang kuat. WordPress menjadi tool yang terpercaya dengan beragam plugin, tema, dan fitur untuk mendapat pengalaman lebih baik.

Meski WordPress menjadi tool yang luar biasa dalam menjalankan blog atau website, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan di WordPress selain untuk blogging.

Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda tambahkan ke situs WordPress:

WordPress Multi-Situs

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di tahun 2010 dan bisa mengubah situs Anda menjadi jaringan website. Ini berarti website Anda bisa dibagi menjadi bagian seperti forum atau toko online. Tiap bagian bahkan bisa memiliki style berbeda agar Anda bisa membedakan masing-masing halaman.

Kelebihan lain adalah memungkinkan Anda sebagai super administrator agar punya kontrol penuh terhadap tiap halaman di jaringan. Anda bisa membangun fitur multi situs dengan menambahkan garis berikut pada file wp-config.php:

/* Multisite */ 
define( 'WP_ALLOW_MULTISITE', true );

Dari sana Anda bisa ikuti instruksi codex agar Anda tidak bermasalah untuk mendapat fitur ini dan menjalankannya.

Yang perlu diingat, fitur ini bukan pilihan terbaik untuk blog personal, website portfolio atau untuk mengatur beberapa website.

Jaringan Sosial

Tahukah Anda? Anda bisa menggunakan WordPress untuk jaringan sosial. Ini bisa jadi tool yang bagus bila Anda ingin menjangkau niche audiens, seperti team olahraga atau perusahaan. Anda bisa lakukan ini menggunakan BuddyPress.

BuddyPress membantu pengunjung untuk sign-up, menciptakan profil, dan mengatur pesan. Dari sana, Anda bisa gunakan BuddyPress untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens. Ada lebih dari 330 plugin BuddyPress jadi Anda bisa sesuaikan yang cocok dengan kebutuhan Anda. Download gratisnya juga tersedia dalam berbagai bahasa.

Baca Juga   Cara Mengoptimasi Postingan Blog Wordpress Agar Masuk Peringkat Atas

Forum

Fitur forum sangat ideal ketika Anda ingin membangun komunitas. Itu sebabnya WordPress memiliki bbPress untuk membantu Anda mengatur dan mengembangkan komunitas dalam situs WordPress.

Pengaturannya simpel dengan satu kali klik untuk instal fitur dengan formulir multi situs.

Selain bbPress, plugin forum dan tema yang bagus lainnya adalah:

  • CM Answers. Forum tanya jawab ini memiliki versi gratis dan berbayar. Beberapa fiturnya yang mengagumkan antara lain login sosial, kemampuan untuk mengupload attachment, dan integrasi dengan BuddyPress serta komentar WordPress.
  • AnsPress. Mirip dengan CM Answers, forum tanya jawab ini memberi Anda kemampuan untuk memilih pertanyaan dan jawaban dan mengedit komentar. Fitur yang paling baru ditambahkan berupa halaman kategori, halaman tags, point system, dan theme override.
  • Forum Engine. Bisa digunakan sebagai forum yang berdiri sendiri atau sub-domain. Selain terlihat bagus, Anda bisa ikuti postingan atau topik, login dengan akun media sosial, dan update mingguan.

Keamanan

Bila Anda menjalankan website baru, keamanan adalah masalah yang serius. Meski kebanyakan orang menyadari kalau mereka perlu fokus pada keamanan situs, banyak situs terkena hack setiap harinya.

Bagaimana memastikan kalau situs Anda tidak termasuk yang terkena hack? Salah satu cara memastikannya adalah situs dikode dengan benar dan di-scan secara teratur. Anda perlu download plugin keamanan seperti iThemes Security.

Pilihan lainnya adalah plugin WordPress All in One Security & Firewall. Plugin gratis ini memiliki fitur keamanan untuk melindungi akun pengguna, login pengguna, registrasi, database, dan file database.

     
 

Shortcodes

Shortcodes digunakan untuk menggantikan kode HTML yang panjang dan bisa dimasukkan dimana saja di dalam situs.

Baca Juga   Daftar Plugin Email Marketing Terbaik untuk WordPress

Shortcodes mudah digunakan ketika Anda ingin menambahkan tombol media sosial atau iklan Google AdSense.

Bagian terbaik dari menggunakan shortcodes adalah fungsionalitasnya pada halaman tertentu di website tanpa khawatir melakukan kesalahan karena Anda tidak menggunakan kode html atau CSS.

Anda bisa gunakan plugin untuk shortcodes. Misalnya WPExplorer menawarkan plugin Symple Shortcodes yang berisi shortcode untuk ikon media sosial, testimoni, kolom dan tabel harga, dan banyak lagi.

Plugin lainnya adalah WordPress Shortcodes, yang juga gratis dan berisi fitur yang menyertakan lebih dari 26 shortcodes, tab yang SEO friendly, editor untuk shortcode, dan template custom.

Situs E-commerce

Tahukah Anda bisa mengubah situs WordPress menjadi sebuah situs ecommerce? Salah satu cara paling populer untuk memonetisasi situs adalah melalui WooCommerce. Plugin ini memberi Anda kemampuan untuk melacak penjualan, tingkat stok, dan ulasan.

WooCommerce juga dilengkapi payment gateaway seperti PayPal serta Cash on Delivery. WooCommerce juga menangani semua kebutuhan pengiriman. Pada dasarnya, WooCommerce mengurus semua kebutuhan online bisnis Anda.

Ada juga plugin ecommerce lainnya seperti iThemes Exchange, MarketPress, dan eCommerce Product Catalog.

Tool untuk Premium Content/Direct Response Marketing/Landing Pages

Apa Anda ingin menjalankan situs keanggotaan? Anda bisa mudah melakukannya dengan mendownload atau membeli PrivateContent, UserPro, Magic Members, atau Membership.

Tiap plugin ini membantu Anda menawarkan konten eksklusif untuk member dengan harga yang terjangkau. Tapi tiap plugin memiliki fitur dan biaya yang unik, jadi lakukan investigasi sebelum Anda menentukan plugin yang sesuai. Tapi ada juga pilihan plugin gratis WP-Members.

Lalu bagaimana Anda bisa membuat pengunjung menjadi anggota? Melalui landing page yang bagus. Plugin WordPress Landing Pages memberi Anda kemampuan untuk memonitor dan melacak tingkat konversi serta aktivitas lead.

Baca Juga   Rekomendasi Tema WordPress Terbaik Untuk Penulis

Setelah Anda memiliki **landing

page** yang efektif, pastikan Anda meminta orang sign up ke situs berlangganan Anda melalui formulir kontak. Gravity Forms merupakan salah satu pilihan paling populer untuk menyertakan formulir kontak ke situs WordPress.

Mengkloning Tema

Anda bisa mengkloning tema. Ini terdengar menarik, tapi kenapa Anda perlu lakukan ini? Keuntungan dari mengkloning tema bisa digunakan untuk mengubah tema WordPress lama atau mengintegrasikan blog ke website yang ada. Anda bisa lakukan ini dengan menggunakan plugin seperti ThemeMatcher.

Dengan plugin ini Anda hanya perlu masukkan alamat yang ingin Anda salin, atur layout, dan ThemeMatcher akan melakukan tugasnya dalam waktu singkat.

Anda tidak perlu khawatir dengan kode, gambar, CSS, dan sebagainya. Plugin ini mengemas semua informasi dalam file zip theme. Ini jadi cara cepat dan murah untuk mengklon tema atau situs.

Galeri Gambar

Bagaimana bila Anda seorang fotografer yang ingin menunjukkan karya? WordPress bahkan bisa digunakan sebagai galeri gambar. Plugin NextGEN Gallery tidak hanya mengupload gambar, Anda bisa juga mengontrol ukuran, style, transisi, dan efek lightbox. Plugin ini juga memiliki fitur dua style display yaitu slideshow dan thumbnail.

Photo Gallery adalah plugin lain yang membuat Anda bisa menciptakan galeri gambar. Plugin ini memberi Anda kemampuan untuk menciptakan thumbnail, slideshow, album compact, atau blog dengan style gallery.

Semoga artikel ini bermanfaat.

You might be interested in …