Cara Keluar Dari Google Sandbox

Pengalaman Saya Mengatasi Google Sandbox

Blog ini mengalami penurunan drastis dalam lalu lintasnya selama 2-3 bulan terakhir. Setelah melakukan penelusuran, saya menyimpulkan bahwa blog ini terkena efek Google Sandbox.

Poin-Poin Penting dalam Keluar dari Google Sandbox

Setelah menghadapi tantangan ini, saya berhasil mengatasi Google Sandbox dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di halaman pertama Google untuk beberapa kata kunci utama. Berikut adalah beberapa langkah yang saya lakukan:

     
 
  1. Cari Backlink dari Situs Berkualitas Tinggi: Meskipun tidak saya lakukan karena alasan biaya dan keterbatasan sumber daya, mendapatkan backlink dari situs dengan PageRank tinggi dapat membantu dalam mengatasi Google Sandbox.
  2. Konten Berkualitas dan Konsisten: Saya terus mengupdate blog dengan konten berkualitas, terutama yang relevan dengan tema utama blog. Ini membantu dalam membangun otoritas dan relevansi blog di mata Google.
  3. Memberi Link ke Google: Dalam setiap postingan, saya memberikan link ke berbagai layanan Google seperti Google Search, Google Adsense, dan lainnya. Meskipun Google mungkin tidak membutuhkan link dari blog saya, hal ini membantu dalam menunjukkan keterkaitan blog dengan ekosistem Google.
  4. Menghapus Iklan yang Tidak Perlu: Saya memutuskan untuk menghapus semua jenis iklan, termasuk penjualan link, dari blog saya. Meskipun tidak pasti apakah ada hubungannya dengan Google Sandbox, tindakan ini membantu dalam membersihkan blog dari elemen yang meragukan.
  5. Mendapatkan Review dari Blog Lain: Saya menulis review tentang blog saya di beberapa blog lain yang memiliki otoritas dan mendapatkan backlink dari mereka. Hal ini membantu dalam meningkatkan otoritas blog saya di mata Google.
  6. Hapus dan Resubmit Sitemap: Melalui Google Webmasters Tools, saya menghapus sitemap blog ini dan kemudian mengirim ulang sitemap setelah melakukan perubahan signifikan pada blog.
  7. Mengajukan Permintaan Ulang: Saya menggunakan fitur “reconsideration” yang tersedia di Google Webmasters Tools untuk meminta Google untuk meninjau kembali situs saya. Dalam permintaan ini, saya menjelaskan bahwa situs saya tidak melanggar ketentuan layanan Google.
  8. Mengganti Template: Salah satu langkah paling signifikan yang saya lakukan adalah mengganti template blog saya. Segera setelah saya melakukan perubahan ini, saya melihat peningkatan yang signifikan dalam kinerja blog saya.
  9. Mencari Backlink dengan Rutin: Saya melakukan pencarian backlink secara teratur, namun tidak secara berlebihan. Saya memastikan untuk tidak terlalu agresif dalam mencari backlink agar tidak terlihat seperti manipulasi oleh Google.
Baca Juga   SEO Blogger - Tutorial Blogger

Ini adalah beberapa langkah yang saya ambil dalam mengatasi Google Sandbox. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi Anda yang menghadapi tantangan serupa.

You might be interested in …